Minggu, 29 November 2015

KPU Tetapkan Daftar Pemilih Tetap Pilkada Ponorogo


Jumat, 2 Oktober 2015 22:25 WIB
Oleh Destyan H. Sujarwoko
Ponorogo (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat menggelar rapat pleno rekapitulasi penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan kepala daerah setempat yang berjumlah 765.573 orang.

"Jumlah tersebut tersebar di 21 Kecamatan, 307 Desa dan akan memilih di 1.721 TPS (tempat pemungutan suara) pada 9 Desember nanti," terang Ketua KPU Ponorogo, Ikhwanudin usai rapat pleno rekapitulasi di salah satu hotel di Ponorogo.

Kendati DPT telah ditetapkan, Ichwanudin menegaskan data dimungkinkan masih berubah.

"Nanti seandainya ada yang belum terdaftar masih bisa ikut daftar pemilih tambahan (DPTb tahap 1) namun dengan menunjukan KTP, KK, paspor atau identitas lainnya, tujuh hari setelah penetapan DPT," ujarnya.
    
Ichwanudin menambahkan, masyarakat Ponorogo yang tidak terdaftar dalam DPT dan DPTb-1 tetap masih bisa ikut memilih pada saat hari pencoblosan berlangsung, dengan syarat terdaftar di DPTb tahap 2.
    
"Selama masih masyarakat Ponorogo tengah masih bisa memilih, bawa saja KTP, KK, pasport dan lainnya, nanti kita akan masukan kedalam DPTb-2," jelasnya.

Jumlah DPT pemilihan bupati dan wakil bupati Ponorogo tengah periode 2015 jauh berbeda dengan DPT pemilihan presiden kemarin.

Perbedaan tersebut dikarenakan saat pemilihan presiden, semua masyarakat diperbolehkan memilih selama memiliki identitas meskipun bukan warga daerah tersebut.

"Kalau sekarang yang boleh memilih harus warga bangka tengah, berbeda dengan pemilihan presiden kemarin, warga luar bisa memilih," ungkapnya.

Sebelumnya, KPU Ponorogo menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) pilkada setempat yang berjumlah 769.574 orang dan tersebar di 304 desa/kelurahan, Rabu (2/9).

Dari jumlah DPS itu, rinciannya pemilih laki-laki sebanyak 377.003 untuk perempuan 392 571 dengan jumlah TPS 1.721.

Hasil tersebut merupakan hasil pencocokan dan penelitian daftar potensial penduduk pemilih pemilu (DP4) Kabupaten Ponorogo mencapai 809.108 orang, dari total jumlah penduduk yang tercatat sebanyak 908.289 orang. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar