Sabtu, 28 November 2015

Artis Jerman Ini Merasa Tentram Setelah Berhijab


Berperan sebagai seorang pelajar Muslim dalam film terbarunya, seorang aktris muda Jerman merasa tentram saat menggunakan hijab untuk pertama kali, meskipun orang-orang menatap ganjil padanya.

“Saat aku memakai hijab dan hanya melihat wajah bagian depan saja, aku awalnya punya perasaan yang aneh,” Ave Celik menuturkan pada harian Jerman Bild.

“Bisa jadi sehubungan dengan persiapan peran dalam film, karena saat aku menggunakan kostum itu aku seketika merasakan ketenangan yang tidak biasa."

“Di jalanan juga begitu, aku melihat orang-orang menoleh padaku dua atau tiga kali. Tapi aku tak benar-benar bisa menafsirkan arti tatapan tersebut,” dia menambahkan.

Celik seorang artis berkebangsaan Jerman berusia 25 tahun, berperan sebagai Sevda, seorang pelajar muslim yang duduk di bangku SMA, di dalam film yang diproduksi oleh saluran televisi resmi Jerman, ZDF. Dia memerankan seorang gadis muslim pintar yang liberal, dengan orangtua yang tidak beragama. Gadis ini memilih secara sukarela menjalani kehidupan sebagai pengikut Islam yang taat.

Di dalam film, Sevda menolak duduk di samping cowok atau ikut serta dalam kegiatan pendidikan olah raga. Gurunya mengijinkan Sevda mendapatkan perlakuan ini, namun berdampak pada pelajar-pelajar lain yang menentang guru tersebut.

Film ini menyelesaikan integrasi di masyarakat Jerman, dengan menggambarkan perempuan-perempuan Muslim tidaklah mengalami penindasan.

“Aku lahir di Berlin dan secara pribadi tidak mengalami pengecualian. Masalah itu tentunya jauh diinterpretasikan dan aku pikir toleransi selalu bersifat sangat pribadi. Kebaikan saja tidak cukup, tapi aku pikir jika kedua belah pihak saling menghargai, akan menjadi awal yang baik.” ujar Celik seperti dilansir dari laman Onislam.net.

Jerman mempunyai populasi umat Muslim nomor dua terbesar di Eropa setelah Perancis, dan Islam menjadi agama ketiga di Jerman setelah kristen Protestan dan Katolik.

Jumlah populasi umat Islam di Jerman berkisar antara 3,8 hingga 4,3 juta jiwa, atau sekitar 5 persen dari jumlah penduduk jerman yang berjumlah 82 juta jiwa, menurut Kajian Komisi Pemerintah Jerman.

Sekitar 1,34 juta umat Muslim di Jerman tinggal di Nordrhein-Wesfalen (NRW), menempatkan negara bagian ini menjadi wilayah muslim terbanyak. Mayoritas Muslim Jerman adalah pendatang dan keturunan migran generasi kedua atau ketiga. Turki merupakan negara asal Muslim Jerman terbanyak:1,5 juta, sementara Muslim dari Asia tenggara hanya sekitar 73 ribu orang, Afrika Utara 92 ribu, Asia Tengah 13 ribu, Timur Tengah 110 ribu, Eropa Tenggara 355 ribu, dan dari negara lainnya 32 ribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar