Minggu, 29 November 2015

6 Amalan Ibu Hamil Agar Melahirkan Anak Sholeh


Hamil dan melahirkan adalah salah satu keistimewaan seorang perempuan. Dalam proses ini, perempuan diberi kepercayaan oleh Allah untuk terlibat lebih banyak dalam proses penciptaan manusia.

Kita juga memiliki tanggung jawab untuk menjadikan anak tersebut menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Semua perempuan juga tentu menginginkan anak sholeh dan sholehah.

Mendidik anak menjadi anak yang sholeh juga bisa dilakukan bahkan sebelum anak tersebut lahir. Apa yang kita lakukan selama hamil akan berpengaruh secara langsung pada perkembangan janin.

Berikut 6 amalan yang sebaiknya anda lakukan ketika hamil agar melahirkan anak yang sholeh.

Banyak Bersyukur

Hal pertama yang harus kita syukuri pada saat mengandung adalah bahwa kita dipercaya oleh Allah untuk mengandung seorang bayi. Kita bisa bersyukur dengan terus berdzikir kepada Allah dan menjaga kandungan tersebut dengan sebaik-baiknya. Seperti janji Allah, barangsiapa bersyukur maka Allah akan memberinya lebih banyak. Jika kita bersyukur dengan kehamilan kita, Insya Allah kita akan dikaruniai anak yang sholeh.

Banyak Berdoa

Kehamilan adalah peristiwa besar yang terjadi pada perempuan, kita juga akan melalui persitiwa yang lebih besar yaitu melahirkan. Maka, di masa-masa ini sebaiknya kita banyak berdoa kepada Allah untuk diberi kelancaran dalam proses kehamilan ini, diberi keturunan yang sempurna dan sehat fisiknya, juga agar kita sendiri diberi kesehatan fisik oleh Allah.

Adapun doa yang diajarkan Rasulullah adalah sebagai berikut:

“Robbi habli minashsholihin (Ya Allah berikanlah kami anak yang sholih).” (QS. As-Shaffat :11)

Menjaga Emosi

Janin juga dapat merasakan emosi yang bergejolak dalam diri anda. Jika anda tidak dapat mengontrol emosi, tidak dapat menjaga lisan dan tidak dapat menjaga sikap, maka janin akan ketularan energy negatif dari emosi yang kita rasakan. Banyak-banyaklah relaksasi dan melakukan hal yang menyenangkan agar dapat menularkan energy positif pada bayi yang kita kandung.

Mendidik Sejak di Dalam Kandungan

Mendidik anak bisa dilakukan bahkan sejak masih di dalam kandungan. Inilah saat-saat terdekat ibu dengan anak, dimana mereka ada dalam satu tubuh tanpa terpisahkan sedikitpun. Nikmatilah saat-saat ini dengan menjalin kedekatan dan mendidik dengan hal-hal baik.

Saat di dalam kandungan, anak juga bisa mendengarkan apa yang diucapkan orang-orang di luar perut ibunya. Ajaklah ia berbicara hal-hal yang baik dan perdengarkanlah ayat-ayat Al-Qur’an untuk menanamkan sifat positif pada anak sejak dari dalam kandungan.

Memeriksakan Kandungan

Memeriksakan kandungan merupakan salah satu cara untuk bersyukur atas janin yang telah dititipkan pada kita dan sebagai bukti bahwa kita menjaganya dengan baik. Kebaikan seperti ini juga akan menularkan sifat-sifat positif bagi anak kita kelak.

Menjaga Kehalalan Rezeki

Penting bagi seorang ibu hamil untuk menjamin setiap apa yang masuk ke dalam tubuhnya yang akan pula masuk ke dalam tubuh si bayi, seperti makanan yang bergizi dan rezeki yang halal

Nah, Sahabat Mezora, itulah beberapa amalan yang sebaiknya dilakukan ibu hamil agar melahirkan anak yang sholeh. Semoga kita semua senantiasa dikaruniai anak-anak yang berbakti kepada orangtua dan taat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar